Polres Jembrana Ikuti Pelatihan Operator Layanan 110, Tingkatkan Respons Cepat Laporan Masyarakat

Posted on

resjembrana,bali,go.id,Polda Bali, Polres Jembrana – Dalam rangka meningkatkan kualitas pelayanan publik berbasis teknologi informasi, Polres Jembrana mengikuti pelatihan operator Layanan Polisi 110 yang digelar Posko Presisi Mabes Polri secara daring melalui Zoom Meeting, Senin, 26 Mei 2025.

Pelatihan yang berlangsung di Ruang Rapat Utama (Rupatama) Polres Jembrana itu dihadiri langsung oleh Kapolres Jembrana AKBP Kadek Citra Dewi Suparwati, S.H., S.I.K., M.I.K., didampingi Kabag Ops Kompol Tjokorda Gede Arim M. Putra, S.H., serta Ipda Marwo, S.H. selaku Perwira Bag Ops. Sejumlah personel TIK dan operator layanan 110 Polres Jembrana juga turut ambil bagian.

Kegiatan ini bertujuan memperkuat pemahaman para operator terhadap alur kerja panggilan darurat 110, layanan utama Polri dalam merespons laporan masyarakat secara cepat dan tepat. Dalam sambutannya, Karo Dalops Stamaops Polri menegaskan bahwa Layanan Polisi 110 adalah ujung tombak penanganan situasi darurat. Operator diminta untuk memahami secara menyeluruh proses penanganan, mulai dari tingkat Polres, Polda, hingga Mabes Polri.

“Kecepatan dan ketepatan menjadi kunci. Operator harus mampu berkoordinasi cepat dengan fungsi piket terkait agar respons terhadap masyarakat bisa dilakukan secara optimal,” ujar Wakil Kepala Posko Presisi Mabes Polri dalam arahannya.

Pelatihan juga menghadirkan narasumber Rachmat yang mengupas teknis penggunaan aplikasi layanan 110, mulai dari prosedur login, pengisian laporan, hingga penanganan panggilan tak valid (prank). Ia juga menjelaskan fitur transfer laporan ke satuan kerja terkait untuk memastikan tindak lanjut yang terintegrasi.

Sesi pelatihan ditutup dengan forum tanya jawab interaktif antara peserta dari jajaran Polda dan Polres se-Indonesia dengan narasumber, guna memperdalam pemahaman teknis sekaligus menyerap berbagai masukan dari lapangan. (zed)