BAG SDM

Posted on

Bagian Sumber Daya Manusia Polres Jembrana disingkat Bag SDM Polres Jembrana adalah unsur pembantu pimpinan dan pelaksana staf Polres yang berada dibawah Kapolres Jembrana.
Bagian Sumber Daya Manusia Polres Jembrana dipimpin oleh Kepala Bagian Sumber Daya Manusia yang bertanggung jawab kepada Kapolres dan dalam pelaksanaan tugas sehari-hari dibawah kendali Waka Polres.
Kabag SDM dalam melaksanakan tugas dan kewajibannya dibantu oleh :
1.Subbagian Pembinaan Karir (Subbagbinkar)
2.Subbagian Pengendalian Personel (Subbagdalpers)
3.Subbagian Perawatan Personel (Subbagwatpers)

Kabag SDM Bertugas:
Melaksanakan Koordinasi dengan Bag, Sat,Fung dan Si di lingkungan Polres Jembrana, memberikan arahan dan petunjuk, penyeleksi akhir surat yang masuk sebelum di paraf dan diajukan ke pimpinan, koordinasi ke polda Bali tentang keadaan, kebutuhan dan pengembangan pendidikan personel, pembinaan, perawatan dan administrasi personel, pelatihan, administrasi Sarpras.
Adapun Kabag SDM dibantu oleh beberapa Subbag diantaranya adalah :
– Subbagian Pembinaan Karir (Subbagbinkar)
Subbagbinkar bertugas membina dan melaksanakan manajemen pembinaan karier personel, yang meliputi pelaksanaan asesmen, mutasi, pengangkatan, dan pemberhentian dalam jabatan serta kepangkatan. Dalam menyelenggarakan tugasnya. Subbagbinkar menyelenggarakan fungsi:
1.Pembinaan karier personel proses Usulan Kenaikan Pangkat (UKP) untuk anggota Polri dan Ujian Dinas Kenaikan Pangkat (UDKP) untuk PNS Polri, serta penyumpahan pangkat SAG;
2.Pembinaan karier personel meliputi mutasi, pengangkatan, dan pemberhentian dalam jabatan;
3.Pembinaan dan pengembangan kompetensi personel melalui pendekatan manajemen SDM;
4.Pengumpulan dan pengolahan data serta penyajian informasi dan dokumentasi kegiatan pembinaan personel.

– Subbagian Perawatan Personel (Subbagwatpers)
Subbagwatpers bertugas membina dan melaksanakan manajemen pembinaan kesehjateraan, yang meliputi penyelenggaraan pembinaan rohani, jasmani, dan mental, termasuk upaya peningkatan kesejahteraan moril dan materiil personel; dan membantu pengembangaan museum dan kesejarahan Polri.
Dalam melaksanakan tugasnya, Bagwatpers menyelenggarakan fungsi:
1.Pelaksanaan kegiatan pembinaan dan penyelenggaraan manajemen kesejahteraan personel;
2.Pelaksanaan kegiatan pengembangan museum dan kesejarahan Polri.
3.pelayanan kegiatan proses administrasi penerbitan pengesahan dan penyaluran pengakhiran dinas bagi anggota dan PNS Polri.

– Subbagian Pengendalian Personel (Subbagdalpers)

Subbagdalpers bertugas membina dan menyelenggarakan manajemen pengendalian personel, yang meliputi penyelenggaraan penyediaan, seleksi, pemisahan, dan penyaluran personel. Dalam menyelenggarakan tugasnya, Subbagagdalpers menyelenggarakan fungsi:
1.Penyiapan rencana kegiatan seleksi penerimaan pendidikan pembentukan Brigadir, PNS Polri, dan Perwira meliputi Akademi Kepolisian (Akpol) dan Perwira Polri Sumber Sarjana (PPSS), dan Sekolah Pembentukan Perwira (Setukpa);
2.Penyelenggaraan kegiatan seleksi penerimaan pendidikan pengembangan, antara lain pendidikan Sekolah Staf dan Pimpinan Menengah (Sespimmen), Sekolah Tinggi Ilmu Kepolisian (STIK), Sekolah Staf dan Pimpinan Pertama (Sespimma), serta pendaftaran Sekolah Staf dan Pimpinan Tinggi (Sespimti) dan Lembaga Pertahanan Nasional (Lemhannas);
3.Pelaksanaan seleksi dan penerimaan Sekolah Alih Golongan (SAG);

VISI DAN MISI BAGSDM POLRES JEMBRANA

VISI
Terwujudnya sumber daya manusia Personel Polres Jembrana yang profesional, modern, terpercaya, unggul dan bermoral dalam rangka pemeliharaan Kamtibmas, penegakan hukum serta memberikan perlindungan, pengayoman dan pelayanan kepada masyarakat.
MISI
– Merumuskan dan melaksanakan pengkajian dan strategi terkait sistem dan metode pembinaan Personel Polres jembrana secara akuntabel;
– Mewujudkan pembinaan karier pegawai di lingkungan Polres Jembrana sesuai dengan kebutuhan organisasi secara dinamis dan terintegrasi melalui Merit system yang berbasis IT;
– Mewujudkan pelaksanaan pendataan personel Polres Jembrana pada Sistem Informasi Personel Polri dengan lengkap, cepat dan baik
– Mewujudkan sistem rekrutmen dan seleksi pegawai pada Polri berdasarkan prinsip BETAH ( BErsih, Transparan, Akuntabel dan Humanis);
– Mewujudkan pelayanan perawatan personel antara lain pembinaan kesejahteraan rohani, mental, jasmani, moril dan materiil, serta pengakhiran dinas kepada pegawai pada Polri secara efektif, efisien dan proporsional;
– Mewujudkan pelayanan psikologi kepolisian yang profesional dan modern