SAT SAMAPTA

Posted on

1. Satuan Samapta Polres Jembrana sebagai bagian integral dari lembaga kepolisian dalam perkembangannya 16 tahun setelah era reformasi, sekarang ini masih belum sepenuhnya menunjukkan karakter Polisi yang professional, bermoral dan modern, sehingga menjadi salah satu faktor penyebab munculnya munculnya public complain, akibatnya belum sepenuhnya mampu memenuhi harapan masyarakat dalam menjalankan perannya sebagai pelindung, pengayom dan pelayan masyarakat.

2. Untuk mewujudkan Samapta yang menjadi harapan masyarakat dan memberikan pelayanan yang prima (strive for excellent) maupun dalam menghadapi berbagai dinamika perubahan lingkungan di atas, maka Sat Samapta Polres Jembrana melakukan operasional kepolisian melalui kegiatan kepolisian berupa Turjawali, Bantuan SAR (pengamanan dan penyelamatan), Dalmas, Negosiasi, penanganan Tipiring, TPTKP maupun melalui kegiatan operasi kepolisian yang melibatkan / mengikutsertakan fungsi Samapta Polres Jembrana.

Dalam melaksanakan tugas, Sat Samapta menyelenggarakan fungsi Turjawali yaitu :
1. Pengaturan
2. Penjagaan
3. Pengawalan dan
4. Patroli

Sat Samapta dalam melaksanakan tugas dibantu oleh :

1. Urusan Pembinaan Operasional ( Kaurrbinopsnal), yang bertugas melakukan pembinaan dan pengawasan terhadap terhadap Personil Sat Samapta.
2. Urusan Administrasi dan Ketatausahan (Kaurmintu), yang bertugas menyelenggarakan kegiatan administrasi dan ketatausahaan yang dibantu oleh Baurmintu dan Banum
3. Urusan Turjawali ( Kanit Patroli ) bertugas melaksanakan pengawasan terhadap personil Patroli dan mengarahkan giat Turjawali pada Reoute serta Beat yang telah ditentukan serta melaksanakan TPTKP.
4. Urasan Obyek Vital ( Kanit Pamobvit ) bertugas melaksanakan pengawasan terhadap pengamanan Obyek Vital yang ada diwilayah hukum Polres Jembrana seperti Pelabuhan Laut Gilimanuk, Penimbangan Cekik ( UPPKB ) dan Pengamanan Pt Bank Bri Cabang Negara serta Pt Pegadaian Negara sesuai dengan MoU.
5. Urusan Pengendalian Massa ( Kanit Dalmas 1 dan 2 ) yang dibantu oleh ( Kasubnit 1 daN 2 ) melaksanakan latihan yang berkaitan dengan bentuk berntuk Formasi Dalmas jika sewaktu waktu dapat digerakan.

TUGAS YANG DILAKSANAKAN
1. Visi, Misi, Kebijakan dan Tugas Pokok
a. Visi, misi dan kebijakan Satuan Samapta Polres Jembrana Berdasarkan tugas pokok dan fungsi Samapta Polri sebagai pengemban tugas polisi umum maka ditetapkan Visi dan Misi, sebagai berikut :

1) VISI.
Satuan Samapta Polres Jembrana mempunyai visi yaitu sebagai polisi Samapta yang mampu menjadi pelindung, pengayom dan pelayan masyarakat yang menitik beratkan kepada tugas bidang preventif, dan represif terbatas secara profesional dan proporsional yang selalu menjunjung tinggi supremasi hukum dan Hak Asasi Manusia (HAM) dalam rangka memelihara keamanan dan ketertiban masyarakat.

2) MISI.
a) memberikan perlindungan, pengayoman, pelayanan, pertolongan, penyelamatan jiwa, harta benda dan masyarakat;
b) melaksanakan tugas represif terbatas melalui penegakan Tindak Pidana Ringan secara profesional dan proporsional;
c) melaksanakan tugas pengendalian massa (Dalmas) dan negosiasi secara prosedural;
d) memelihara keamanan dan ketertiban masyarakat melalui tugas Pengaturan, Penjagaan, Pengawalan, dan Patroli serta TPTKP;
e) melaksanakan pengamanan dan pengawalan TKI;
f) melaksanakan pembenahan sistem dan metoda sesuai dengan tuntutan situasi dan tantangan tugas;
g) mengelola dan meningkatkan kemampuan sumber daya manusia Samapta Polres Jembrana melalui pendidikan dan pelatihan.