SIDIK JARI

Posted on

Dalam rangka mewujudkan Zona Integritas (ZI) menuju Wilayah Bersih Bebas Korupsi (WBBK) tahun 2021, Sat Reskrim Polres Jembrana memberikan pelayanan prima kepada masyarakat.

Berdasarkan Undang-undang Nomor 2 tahun 2002, tentang Kepolisian Negara Republik Indonesia, bahwa Petugas Kepolisian berperan menyelenggarakan Identifikasi Kepolisian dengan mengambil Sidik Jari atau Identitas lainnya, karena identifikasi melalui Sidik Jari sangat efektif dan akurat, mengingat Sidik Jari tidak berubah serta sidik jari sesorang tidak ada yang sama.
Kegiatan Identifikasi Kepolisian meliputi kegiatan Daktiloskopi dan Fotografi Kepolisian.

Disamping tetap melaksanakan pelayanan Sidik Jari pada setiap hari kerja, Ur. Identifikasi Sat Reskrim Polres Jembrana juga membuat inovasi dan terobosan kreatif yakni SI JALAK BALI BARAT yang mempunyai makna Sidik Jari Layanan Keliling di wilayah hukum Polres Jembrana yang berada di ujung Barat
Pulau Bali.

Program ini sebagai upaya untuk meningkatkan kualitas Pelayanan Publik dan memberikan pelayanan Sidik Jari dengan sistem mobiling, melayani turun ke Desa – desa ataupun tempat keramaian di Wilayah hukum Polres Jembrana.

Kegiatan terobosan kreatif Si Jalak Bali Barat ini pelaksanaanya difokuskan pada wilayah yang lokasinya jauh dari Mako Polres Jembrana, sehingga memudahkan masyarakat / pemohon dalam mendapatkan Kartu Sidik Jari yang dipergunakan sebagai salah satu syarat kelengkapan pengurusan Surat Keterangan Catatan Kepolisian, dimana masyarakat / pemohon dapat mengakses pelayanan Sidik Jari secara mudah, cepat dan tidak dipungut biaya. Karena masyarakat / pemohon tidak perlu datang ke Kantor Polres Jembrana.

Dimasa Pandemi Covid 19 kegiatan Si Jalak Bali Barat tetap dilaksanakan dengan memperhatikan serta menerapkan Standar protokol kesehatan yang ketat.

JADWAL PELAYANAN SIDIK JARI PADA KANTOR POLRES JEMBRANA
SENIN – JUMAT : 08.00 – 14.30 WITA
SABTU : 07.00 – 10.00 WITA
Untuk jadwal Sidik Jari Keliling dilaksanakan seminggu sekali mengikuti Pelaksanaan SIM Keliling Polres Jembrana.

Adapun persyaratan pemohon Kartu Identitas Sidik Jari :
1. Mengisi blanko / formulir sidik jari AK 23
2. Pas photo berwarna 4×6 : 1 lembar
3. Pas photo berwarna 3×4 : 2 lembar
4. Foto copy KTP sebanyak 1 lembar
Pengambilan sidik jari dilakukan oleh petugas Ur Identifikasi dan TIDAK DIPUNGUT BIAYA.