SKCK

Posted on

Surat Keterangan Catatan Kepolisian( SKCK ) adalah surat keterangan resmi yang diterbitkan oleh POLRI berdasarkan hasil penelitian biodata dan catatan Kepolisian yang ada tentang orang tersebut, dimana dalam prosesnya dilakukan oleh Satuan Intelkam untuk menerangkan tentang ada atau pun tidak adanya catatan suatu individu atau seseorang yang bersangkutan dalam kegiatan kriminalitas atau kejahatan.

Untuk mempermudah dan mengurangi kerumunan pada ruang pelayanan, Proses Pengurusan SKCK dilakukan secara online melalui terobosan kreatif SKCK OSA (SKCK Online Scan Ambil). Bagi masyarakat yang hendak melakukan pendaftaran SKCK secara online dapat mengunjungi website skck online https://skck.polri.go.id/ pendaftaran dapat dilakukan dimana saja melalui HP maupun PC.

JAM OPERASIONAL PELAYANAN SKCK POLRES JEMBRANA
Senin – Jumat : Jam 08.00 s/d 14.00 Wita

STANDAR WAKTU PENYELESAIAN SKCK : 30 menit

PERSYARATAN SKCK ONLINE:

1. PRINT OUT/HARDCOPY BARCODE SKCK ONLINE
2. FOTOCOPY KTP /DOMISILI
3. FOTOCOPY KARTU KELUARGA
4. FOTOCOPY AKTA KELAHIRAN/IJAZAH
5. RUMUS SIDIK JARI
6. PAS PHOTO UKURAN 4 X 6 LATAR BELAKANG MERAH, BAJU BERKERAHSEBANYAK 3 LEMBAR

UNTUK PEMOHON KELUAR NEGERI MENYERTAKAN :

7. FOTOKOPI PASPOR
8. REKOMENDASI AGEN PJTKI YANG MEMBERANGKATKAN

MEKANISME PENGURUSAN SKCK

 Pemohon SKCK melakukan pengisian form. Pendaftaran SKCK secara Online melalui website https://skck.polri.go.id/
 Pemohon mengeprint barcode SKCK Online
 Pemohon membawa barcode beserta berkas lainnya sesuai ketentuan
 Setelah diterima di loket, petugas akan memverifikasi berkas pemohon
 Apabila pemohon belum memiliki rumus sidik jari maka akan diarahkan untuk melakukan pengambilan Sidik Jari pada Fungsi Reskrim (Identifikasi / Inafis)
 Bila ada hal – hal yang meragukan dalam hasil penelitian maka akan dilakukan koordinasi dengan pihak internal dan eksternal ;
 Bila berkas pemohon dinyatakan lengkap maka Barcode akan di Scan oleh petugas untuk diproses dan bila hasil verifikasi ternyata berkas belum lengkap maka akan dikembalikan kepada pemohon untuk dilengkapi;
 Petugas akan memberikan blanko SKCK arsip terlebih dahulu untuk diperiksa kembali oleh pemohon, apabila berkas sudah benar petugas akan mengeluarkan Blanko SKCK Asli.
 Sebelum SKCK diambil pemohon membayar pembuatan SKCK sebesar: Rp 30.000,- ( sesuai PP No. 76 tahun 2020 tentang penerimaan Negara Bukan Pajak)Pembayaran SKCK dapat dilakukan melalui Bank BRI/ EDC BRI yang ada pada Ruang pelayanan SKCK Polres Jembrana.
 Setelah melaksanakan pembayaran SKCK dapat diAmbil oleh pemohon.
 SKCK Berlaku selama 6 Bulan, apabila diperlukan kembali pemohon dapat mendaftar kembali melalui website SKCK Online dan menyertakan kembali berkas sesuai ketentuan.